6 Penyebab Anda Sering Buang Air Kecil

Buang air kecil adalah hal normal dan pasti dialami semua orang. Paling tidak setiap hari orang normalnya buang air kecil hingga 4 sampai 8 kali. Tapi apabila anda lebih sering buang air kecil bahkan hingga mengganggu tidur anda, tentu kondisi ini sudah tak wajar. Bisa saja kondisi tersebut adalah respon normal karena kebanyakan minum air. Meskipun demikian, anda jangan menyepelekannnya sebab bisa jadi hal tersebut juga merupakan gejala dari penyakit tertentu.


Daripada menduga - duga, berikut ini adalah beberapa kondisi yang menjadi penyebab anda menjadi lebih sering buang air kecil, seperti yang blog kesehatan ini lansir dari webmd.com :

1. Kehamilan
Saat anda hamil terutama pada awal - awal kehamilan, biasanya rahim akan tumbuh dan menekan kandung kemih. Hal ini bisa menyebabkan ibu hamil sering buang air kecil.

2. Interstitial Cystitis
Penyakit ini masih belum diketahui penyebabnya, dan terkadang sering salah didiagnosis sebagai infeksi umu kandung kemih. Tapi biasanya, Interstitial Cystitis ini ditandai dengan rasa sakit dikandung kemih dan daerah panggul. Salah satu gejala yang mudah dikenali dari penyakit ini adalah keinginan buang air kecil yang sangat mendesak.

3. Penggunaan obat diuretik
Obat jenis ini umumnya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau mengeluarkan penumpukan cairan di ginjal. Efek samping obat ini bisa membuat anda sering buang air kecil.

4. Diabetes
Diabetes terutama tipe 1 dan 2 sering ditandai dengan keinginan untuk selalu buang air kecil. Kondisi ini terjadi karena tubuh mencoba untuk membersihkan diri dari glukosa yang tidak digunakan melalui urine.

5. Masalah prostat
Prostat yang membesar dapat menekan uretra (tabung yang membawa urine keluar tubuh) dan menghalangi aliran urine. Hal tersebut menyebabkan dinding kandung kemih lebih mudah kontraksi, akibatnya bisa membuat anda terutama pria lebih sering buang air kecil.

6. Stroke atau penyakit neurologis lainnya
Penyakit neurologis seperti stroke ataupun yang lainnya memicu kerusakan saraf yang memasok kandung kemih dapat menyebabkan masalah dengan fungsi kandung kemih, termasuk keinginan buang air kecil yang sangat mendesak.

Itulah 6 penyebab anda menjadi sering buang air kecil. Jika kondisi ini tidak kunjung mereda, lebih baik anda segera memeriksakannya pada dokter untuk mengetahui penyebab sebenarnya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus