Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Rabu, 29 Juli 2015

Jangan Sepelekan Sariawan, Bisa Jadi Itu Pertanda Penyakit Berbahaya

Sariawan merupakan salah satu masalah pada mulut yang sering terjadi dan banyak dialami oleh semua orang. Penyakit yang biasanya ditandai dengan munculnya bercak putih kekuningan pada mulut ini sangat tidak mengenakkan. Apalagi ketika bersentuhan dengan benda atau ketika makan, rasa sakit yang timbulkan sangatlah mengganggu. Jika dbiarkan tentu akan mengganggu selera makan anda.

Jangan Sepelekan Sariawan, Bisa Jadi Itu Pertanda Penyakit Berbahaya

Sariawan, tanpa diobati pun bisa sembuh dengan sendirinya, waktu paling lama penyakit ini sembuh sekitar 2 minggu. Akan tetapi, apabila anda mengalami sariawan dan tak kunjung sembuh walaupun sudah dua minggu lebih bahkan hingga berbulan - bulan, anda wajib mewaspadainya. Segera periksakan kondisi ini pada dokter. Penyebabnya bukan lagi akibat kekurangan vitamin C, bisa jadi itu karena jamur atau bahkan sariawan tersebut merupakan pertanda adanya penyakit berbahaya lainnya.

Saat anda menderita gejala sariawan berkepanjangan seperti ini, kewaspadaaan anda perlu ditingkatkan, mengingat kanker rongga mulut dan lidah pun juga ditandai dengan munculnya masalah sariawan yang tak kunjung sembuh, terutama di lokasi yang sama. Bahkan penyakit HIV / AIDS pun bisa bermanifestasi kepada sariwan yang tak kunjung sembuh.

Drg Ika Ratna Maulani, SpBM yang melakukan penelitian untuk bahan tesisnya tentang kanker mulut mengatakan bahwa, penyebab kanker mulut antara lain adalah karena trauma lokal. Seperti dari panasnya tembakau pada rokok yang mengenai daerah mulut di tempat yang sama secara terus menerus. Atau dari gigi palsu yang tajam konstan menggores bagian dalam mulut. Dari penelitian yang dilakukannya, Dokter Ika menyimpulkan bahwa masalah mulut seperti sariawan tidak boleh dianggap sepele. Tidak hanya itu, penyebab taruma lokal juga harus diperhatikan, seperti kebersihan dan kesehatan gigi serta benda lainnya yang dapat menyebabkan taruma lokal pada mulut.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, cobalah lakukan kebiasaan sederhana seperti menyikat gigi dua kali sehari. Lakukan dengan rutin kebiasaan ini pada waktu sebelum beraktifitas, bukan sebelum sarapan atau saat mandi, serta sebelum tidur. Jangan abaikan pula kebersihan lidah anda, usahakan untuk selalu membersihkannya juga dengan menggunakan sikat lidah khusus atau sikat gigi yang paling lembut.

Baca juga : 9 Cara alami mengatasi sariawan tanpa obat

Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk menghindari masalah sariwan pada mulut anda, selalu penuhi kebutuhan vitamin C anda, dan jangan lupa sering - seringlah sikat gigi anda pada waktu yang disebutkan diatas. Semoga bermanfaat.

Referensi : Ummi-online.com
Jangan Sepelekan Sariawan, Bisa Jadi Itu Pertanda Penyakit Berbahaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri