Jangan Konsumsi 7 Makanan Ini Saat Sakit

Saat anda sakit biasanya disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang menurun. Tubuh anda akan terasa lesu, lemah dan tidak bertenaga. Bahkan tubuh anda juga akan kehilangan banyak cairan. Karena itulah, memperhatikan makanan apa yang dikonsumsi sangat penting ketika sakit. Mengonsumsi makanan yang salah justru malah akan memperburuk sakit yang anda derita, proses penyembuhannya pun akan semakin lama.


Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari ketika sakit, terutama ketika sedang menderita demam dan diare seperti yang blog kesehatan ini lansir dari Health site :

1. Keju
Makanan hasil olahan dari susu ini sangat sulit dicerna, apalagi ketika anda sedang menderita mual dan diare. Selain saulit dicerna, keju juga bisa membuat lemah tubuh sehingga tubuh tidak mempu melawan bakteri yang menjadi penyebab infeksi dan diare.

2. Daging
Makanan yang satu ini juga sebaiknya anda hindari ketika sedang sakit. Lemak yang banyak terkandung dalam daging bisa memperlambat kemampuan tubuh dalam membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit seperti demam dan flu. Lebih baik ketika sakit, anda mengganti jenis makanan ini dengan sayuran hijau yang banyak mengandung untuk menyehatkan tubuh.

3. Kopi
Saat anda sedang demam, cobalah hindari mengonsumsi minuman berkafein ini. Kafein dalam kopi bisa memperlemah sistem kekebalan tubuh dan memperlambat proses penyembuhan. Tidak hanya itu saja, kafein juga bisa menyebabkan rasa pusing, berkeringat dan tremor. Meskipun anda pengeemar kopi, sebisa mungkin saat demam, jauhi minuman ini.

4. Junk food
Junk food merupakan makanan yang tidak menyehatkan dan sebaiknya anda hindari ketika sakit terutama jika anda sedang mengalami masalah dengan sistem pencernaan. Kandungan lemak jenuh yang banyak terdapat dalam makanan ini akan mengiritasi sistem pencernaan anda sehingga akan semakin parah.

5. Telur
Ketika anda sedang diare, perut yang leamh tidak akan mampu memproduksi enzim yang cukup untuk mencerna protein dalam telur. Karena itulah, sebaiknya anda menghindari makanan ini saat sedang menderita diare. Mengonsumsi telur bisa memperburuk diare yang anda alami, bahkan parahnya lagi bisa memicu gejala lain seperti mual dan kembung.

6. Kacang
Kandungan arginine pada kacang bisa meningkatkan temperatur tubuh. Karena itulah, saat anda demam sebaiknya anda tidak mengonsumsi makanan ini terlebih dahulu.

7. Kubis dan brokoli
Dua jenis sayuran yang banyak mengandung enzim ini, sebaiknya anda hindari ketika sedang diare. sayuran ini bisa menyebabkan produksi gas dalam dalam lambung meningkat sehingga bisa memperparah sakit yang anda derita.

Itulah 7 makanan yang sebaiknya anda hindari ketika sakit. Jangan lupa juga, perbanyaklah mengonsumsi air untuk mengganti cairan tubuh anda yang hilang. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus