8 Tips Menghilangkan Cegukan Secara Cepat

Tips Menghilangkan Cegukan Secara Cepat - Pernahkah anda mengalami cegukan? Sangat tidak mengenakkan bukan? Memang cegukan bukanlah sesuatu yang berbahaya, tetapi tetap saja timbulnya cegukan dapat mengganggu aktifitas anda.

Tahukah anda apa itu cegukan? Cegukan adalah suatu kontraksi yang terjadi secara tiba - tiba yang tidak disengaja pada diafragma. Cegukan umunya terjadi secara berulang - ulang. Cegukan terjadi apabila ada udara yang secara tiba - tiba leawat kedalam paru - paru sehingga menyebabkan glostis (Ruang yang ada pada pita suara) menutup. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya suara hik ketika anda cegukan.

Tips Menghilangkan Cegukan Secara Cepat

Lalu apa yang menyebabkan terjadinya cegukan? Munculnya cegukan disebabkan oleh banyak faktor seperti makan dan minum yang terlalu cepat, makan dan minum yang terlalu banyak, Langsung minum air dingin setelah makan makanan yang panas, tertawa terlalu keras, batuk terlalu keras dan yang lainnya.

Cegukan umumnya akan selesai atau sembuh dengan sendirinya. Tetapi jika anda merasa sangat terganggu dan ingin segera terbebas dari cegukan tersebut, ada baiknya anda mencoba 8 tips untuk menghilangkan cegukan dengan cepat dibawah ini :

1. Julurkan lidah anda beberapa saat, cegukan niscaya akan segera hilang. Hal ini dilakukan untuk menstimulasi tenggorokan yang terhubung dengan saluran pernafasan dan juga pita suara. 

2. Tutup hidung anda lalu minumlah air.

3. Suruh orang untuk mengagetkan anda secara tiba - tiba.

4. Hirup dan telan udara tanpa mengeluarkannya. Kemudian dengan cepat segera tutup hidung anda. Lakukan hal ini beberapa saat sebelum anda menghela nafas.

5. Berenanglah di air yang dingin dengan suhu 20 -25 derajat selama 20 menit. Sangat dingin memang, tapi itu terbukti dapat menghilangkan cegukan anda.

6. Mandi dan keramas dengan menggunakan air yang diberi es batu.

7. Tidurlah berbaring dan posisikan kedua lutut ditekuk ke arah perut.

8. Membalik posisi tubuh dengan meletakkan kepala dibawah dan kaki di atas.

Itulah 8 cara menghilangkan cegukan dengan cepat. Jika masih belum berhasil, tunggu saja hingga beberapa jam cegukan biasanya akan hilang dengan sendirinya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus