Mengapa Rambut Bisa Beruban? Ini Ulasannya!

Mengapa Rambut Bisa Beruban - Saat kita melihat orang yang sudah tua, beberapa ciri yang menjadi indikator mungkin adalah cara mereka berjalan dan rambutnya yang beruban. Memang masih banyak indikator yang lainnya, tetapi mungkin rambut berubanlah yang menjadi indikator paling utama.

Namun, Pernahkah terlintas dipikiran anda mengapa rambut orang yang sudah tua kebanyakan beruban? Dan apakah uban hanya terjadi pada orang yang sudah tua saja? Tentu saja tidak, bahkan tidak jarang juga yang masih muda pun kadang ada juga yang rambutnya beruban, meskipun jumlahnya tidak sebanyak orang yang sudah tua. Pada dasarnya banyak faktor dan sebab yang menyebabkan munculnya uban tersebut.

Mengapa Rambut Bisa Beruban?
image oleh google
Uban adalah rambut yang berwarna putih dan tumbuh karena berbagai penyebab. Munculnya uban pada rambut seringkali mengganggu penampilan siapa saja, apalagi bagi orang yang masih muda, hal itu bisa membuat mereka menjadi tidak percaya diri. Kebanyakan orang mengira tumbuhnya uban ini karena dipengaruhi faktor usia saja, padahal kenyataannya tidak seperti itu. Banyak hal lain yang menyebabkan tumbuhnya uban pada kepala.

Satu hal yang mungkin belum anda ketahui adalah sebenarnya warna asli dari rambut itu adalah putih. Warna coklat, hitam, pirang dan lainnya yang tampak adalah warna alami yang terbentuk karena pigmen yang betnama melanin. Pigmen ini berfugsi sejak manusia lahir dan warna pada rambut tergantung dari distribusi dari melanin ini.

Nah, ketika melanin ini berhenti bekerja warna rambut pun akhirnya terpengaruh dan berubah warnanya menjadi putih atau bahkan memudar dan kembali ke warna awal. Jadi intinya, rambut uban itu adalah warna asli dari rambut yang muncul karena melanin sudah memudar dan tidak bekerja lagi.

Itulah sebabnya mengapa ketika kita sudah menua banyak rambut yang beruban itu dikarenakan poduksi dari melanin ini mulai menurun. Memang uban muncul bukan karena hanya adanya hal itu (melanin), tetapi ada juga faktor lain yang bisa memicu timbulnya uban seperti faktor genetik, hormon, efek bahan kimia, kekurangan nutrisi dan bahkan perubahan iklim dan polusi bisa menjadi pemicu munculnya uban pada rambut.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi